Desa Pohuwato Gelar Musrenbangdes Tahun 2019

Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa Desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa disetiap tahunnya. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan beberapa tahapan diantaranya adalah sebelum Penyusunan RKP Desa perlu adanya Pelaksanaan Musyawarah Desa dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbangdes.

Musyawarah Desa dilaksanakan guna untuk pencermatan usulan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) dan pencermatan Program Pemerintah yang akan masuk ke desa, setelah semua itu dilakukan maka Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa dapat melaksanakan kegiatan Musrenbangdes guna untuk melakukan perengkingan atas segala program yang diprioritaskan dalam pelaksanaan musyawarah desa sebelumnya. Hal ini dilakukan agar Pemerintah Desa bersama BPD dalam menyusun, membahas dan menyapakati RKP Desa maupun APBDes benar benar berazaskan pada hasil Musrenbangdes yang telah sama sama disepakati pada kegiatan Musrenbang di tingkat Desa.

Khusus untuk Desa Pohuwato, pada tanggal 26 September 2018 telah melaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan RKP Desa Tahun 2019, menurut penyampaian Pendamping Desa Kecamatan Marisa  Wahyudi Nur Amin Puhi Desa Pohuwato adalah Desa terakhir yang melaksanakan Musyawarah Desa di Kecamatan Marisa, namun hal yang menarik hari ini, meskipun Desa Pohuwato merupakan Desa Terakhir yang menyelenggarakan Musdes, tapi hari ini di Kecamatan Marisa Desa Pohuwato adalah Desa pertama yang menggelar Musrenbang Desa ungkapnya.

Kegiatan Musrenbangdes ini dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, BPD dan Masyarakat Desa Pohuwato. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Pohuwato, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan beserta seluruh masyarakat yang telah hadir pada kegiatan ini, beliau juga menyampaikan hasil kinerja beliau untuk tahun 2018. Sebab dari seluruh program yang sudah disepakati bersama BPD pada Desember 2017 lalu sebagai program yang harus dijalankan pada tahun 2018, Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Tentu semua itu tidak lepas dari dukungan semua pihak termasuk dukungan masyarakat desa Pohuwato, untuk itu perkenankan saya menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Ibu sekalian ujar beliau.

Kepala Desa Pohuwato saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbangdes

Ridwan Anwar,S.Pd.I selaku Kepala Seksi Dikmas Kecamatan Marisa yang mewakili Camat Marisa pada kegiatan tersebut juga menyampaikan, perlunya dukungan dari kita semua untuk sama sama mensukseskan program program yang telah disepakati pada kegiatan ini, sebab tanpa dukungan dari bapak ibu selaku warga desa Pemerintah Desa dan BPD tidak dapat berbuat apa apa. Kegiatan yang tidak dapat dimasukkan dalam RKP Desa Tahun 2019 disebabkan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka boleh untuk dicatat dan diperjuangkan oleh tim delegasi desa pada kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Ibu Camat Marisa pada kegiatan ini dikarenakan ada kegiatan lain yang tidak kalah penting dari pada kegiatan Musrenbang Yang dilaksanakan di desa Pohuwato pada siang hari ini, semoga dengan tidak hadirnya beliau tidak mengurangi Hikmahnya pertemuan kita disiang hari ini ungkap beliau.

Sambutan dan Arahan Camat Marisa yang diwakili oleh Kasie Dikmas Marisa
Ridwan Anwar,S.Pd.I

Dalam Sambutannya, Ketua BPD Suleman Hipi menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya bilamana dalam pelaksanaan Musrenbang ini ada hal hal yang kurang berkenan di hati bapak ibu warga masyarakat Desa Pohuwato, disamping itu juga atas nama Pimpinan dan anggota BPD Desa Pohuwato menyampaikan permohonan maaf bilamana selama menjabat sebagai anggota BPD ada hal hal yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, tiada gading yang tak retak, tiada manusia yang sempurna. Atas segala kealpaan, kami memohonkan maaf yang sebesar besarnya sebab masa jabatan kami akan berakhir tahun ini dan atas nama pimpinan dan anggota BPD beserta seluruh masyarakat kami menyampaikan selamat kepada Bapak dan Ibu anggota BPD terpilih hasil pemilihan Senin, 05 November 2018. Semoga Allah meridhoi segala aktivitas kita semua. Amin ya rabbal Alamin…

Ketua BPD Suleman Hipi, saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbangdes

Musrenbangdes diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Desa, BPD dan perwakilan Masyarakat. MH 01

Suasana Pelaksanaan Musrenbangdes

Foto Bersama Anggota BPD Periode 2012-2018 bersama Pemerintah Kecamatan dan Kepala Desa
Foto bersama Anggota BPD Periode 2018-2024 bersama Pemerintah Kecamatan dan Kepala Desa
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan