Kades Resmi Buka Kegiatan Semarak Tahun Baru Islam 1440 H

Kades didampingi Ibu Ketua PKK bersama Ketua PCNU Kab. Pohuwato H. Daiman Ali

Bulan Muharram ada Bulan Pertama pada penanggalan Kalender Hijriah, dimana disetiap Tanggal 01 Muharam umat muslim memperingati Tahun baru Islam di Seluruh Pelosok belahan Dunia, Khusus untuk Gorontalo bila telah datang Tahun baru Islam umat muslim berbondong bondong ke masjid pada saat waktu ashar, hal ini dilakukan karena setelah sholat Ashar umat muslim membaca doa akhir tahun hingga dilanjutkan sampai selesai sholat Maghrib untuk Pembacaan Doa Awal Tahun. Kemudian setelah 9 kedepannya umat muslim mempersiapkan dan memperingati malam 10 Muharram, sebagaimana tradisi adat Gorontalo malam 10 Muharram ini diseluruh masjid melaksanakan pembacaan doa dan ditandai satu kebiasaan maupun budaya yakni sebagian warga menyediakan Kue Apangi.

Hal yang menarik lagi adalah, dengan hadirnya KKS UNG di Desa Pohuwato membuat desa ini ramai karena Mahasiswa tersebut melaksanakan beberapa program kegiatan mereka termasuk diantaranya kegiatan seni dan olahraga dalam event Semarak Tahun Baru Islam 1440 H. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Pohuwato pada Sabtu, 22 September 2018 kemarin. Dalam sambutannya Kepala Desa menyampaikan bahwa, mewakili Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa kami turut mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh adik adik mahasiswa KKS UNG, sebab dengan adanya kegiatan ini dapat melatih mental anak anak dan masyarakat agar bisa tampil di depan umum, hal ini terasa sangat sulit untuk dilakukan jika tidak terbiasa, olehnya perlunya dilaksanakan event event seperti ini sebagai wadah untuk melatih dan membiasakan diri untuk tampil di Depan umum, hal yang sama disampaikan oleh Ketua DPC Nahdatul ulama Kab. Pohuwato H. Daiman Ali perlunya bagi kita semuanya mempersiapkan generasi generasi penerus kita di masa masa yang akan datang, sebab kalo bukan sekarang Kapan lagi? Dan kalo bukan kita siapa lagi? Ungkap beliau. Olehnya guna untuk menyemangati para peserta yang akan mengikuti lomba di kegiatan ini beliau berjanji akan memberi hadiah spesial kepada para peserta terbaik pada event ini. Wabil khusus kepada peserta da’i cilik kalo ada ungkap beliau.

Saat diwawancarai, Koordinator Desa Mahasiswa KKS Universitas Negeri Gorontalo Ulan Deswita Matana bersama rekan rekannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama sepekan, olehnya bagi Bapak Ibu warga masyarakat yang berkenan berpartisipasi pada kegiatan ini dapat menghubungi kami selaku panitia ungkap beliau. MH 01

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan