Kades Pohuwato Apresiasi Kinerja Bumdes

Panua Mandiri itulah nama dari Badan Usaha Milik Desa yang berada di kawasan Pesisir Pantai di Ibukota Kabupaten Pohuwato ini, Badan Usaha ini digagas dan dibentuk oleh Pemerintah Desa Pohuwato melalui musyawarah Desa bersama masyarakat pada Tahun 2016. Dengan demikian, Bumdes ini baru berumur 2 Tahun. namun Meski diusia masih seumur jagung ini ternyata para pengurusnya mampu menunjukkan kemampuan mereka dalam mengelola usaha yang dimandatkan melalui mekanisme penyertaan modal oleh Pemerintah Desa maupun Pemerintah Pusat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil Pendapatan Asli Desa (PAD) yang setiap Tahunnya kian meningkat, Karena pada Tahun 2017 Bumdes menyetorkan bagi Hasil tiga puluh persennya ke rekening Desa Sebesar Rp. 6.006.000. Bahkan diluar dugaan saya ternyata dalam hitungan semester I pada Tahun 2018 ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, dimana pada hasil Rapat Kerja Semester I kemarin saya melihat sudah ada bagian 30 % yang akan disetorkan oleh Bumdes Sebesar Rp. 6.200.000. itu baru hasil kerja enam bulan, gimana nanti kalo penghasilan setahun…? Pungkas Kepala Desa.

Rapat Kerja Semester I Bumdes Panua Mandiri Desa Pohuwato
Rapat Kerja Semester I Bumdes Panua Mandiri Desa Pohuwato

Saat diwawancarai, Ketua Bumdes Dadang Dunggio,S.Kom. mengatakan bahwa semua ini berkat kerja sama semua tim dan juga masyarakat dalam menjaga dan mengelola usaha Desa. Saat ini Alhamdulillah Bumdes Panua Mandiri telah memiliki 3 Unit Isaha yakni :

1. Unit Usaha Jasa Sewa Pinjam Tenda

2. Taksi Micro Bus

3. Pom Mini dan Warung Nelayan

Menurut Informasi dari Pemerintah Daerah, Insya Allah Bumdes ini, Tahun ini juga akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah berupa Taksi Air yang nantinya benda tersebut juga akan dijadikan satu unit usaha baru. Guna melakukan jasa taksi air di Desa Pohuwato Pungkasnya.

Laporan Kinerja Oleh Ketua Bumdes

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan